Liburan ma anak anak

Selasa, 22 Juni 2010

Calle Florida, Buenos Aires

Wayan Manuh/ Era Baru Minggu, 28 Maret 2010

boenosaires
Florida Street (dalam bahasa Spanyolnya: Calle Florida), adalah jalan rapi untuk pejalan kaki yang berada di Pusat Kota Buenos Aires, di Argentina. Jalan ini telah ada sejak tahun 1913.

Jalan ini menjadi terkenal sebagai tempat kunjungan wajib jika anda ke kotanya Evita Peron ini. Sebagian besar pembaca mungkin pernah mendengar lagu Madonna ‘Don’t Cry For Me Argentina”, merupakan lagu latar dari film Eva Peron, The True Story.

Ujung dari jalan pejalankaki ini mulai dari perempatan jalan Peru dengan Avenida de Mayo, tidak jauh dari Plaza de Mayo. Setelah menyebrangi Rivadavia berganti nama dengan nama Florida. Jalan khusus pejalan kaki ini mengarah keutara sejauh satu kilometer. Sampai ke Plaza San Martin di area Retiro. Dimama bertemu lagi dengan jalan pejalan kaki Lavalle jalan menuju bioskop.

Florida Street merupakan atraksi wisata kota Buenos Aires. Kota yang berpenduduk lebih dari tiga juta orang. Disini bisa ditemui berbagai pertokoan dan galeri belanja yang menjual aneka barang-barang kelontong dan cindera mata untuk para wisatawan. Termasuk perhiasan, bahan kulit juga buku-buku dan lukisan. Tentu juga barang-barang bermerek kelas atas seperti Polo Ralph Lauren, Tiffany & Co., Tommy Hilfiger, Christian Lacroix, Christian Dior, Cacharel, Samsonite, Paul & Shark and Yves Saint Laurent dll.

Jalan yang berlantaikan keramik-keramik kecil kurang lebih 5x5 sentimeter ini, terlihat sangat rapi. Drainase atau saluran pembuangan air dari besi berlubang berada di tengah-tengah.

Pertokoan disepanjang jalan Florida ini berjejer, terlihat para pelayan toko dengan berbagai cara untuk menarik ribuan turis dan pejalan kaki yang melewati depan toko mereka. Dengan brosur dengan menggelar contoh barang dan lain-lain. Jalan yang selebar kurang lebih lima belas meter ini sangat ramai dengan pengunjung dari kedua arah. Tempat ini bisa dijangkau dengan mudah baik dari terminal pelabuhan atau dari pusat kota.

Restoran Amerika cepat saji Mc.Donald’s ada tiga restoran sepanjang Jalan Florida. Tentu saja banyak resto dan cafĂ© lainnya di sepanjang jalan ini. Di pertengahan jalan juga terdapat beberapa kios kecil menjual bunga, majalah dan buku-buku. Ada satu dua orang penjual seperti kaki lima diantaranya seorang ibu membawa banyak busa tiup untuk dijual kepada anak-anak yang berminat. Ada pemain gitar yang memainkan gitarnya sambil menjual lagu-laguya dalam bentuk CD.

Bangunan dikiri-kanan jalan cukup tinggi bertingkat semua. Dengan arsitektur bangunan campuran ada sebagian modern dan sebagian lain bangunan kuno menjulang tinggi.

boenosaires2
Di hari kerja biasa, banyak pajalan kaki dari wilayah keuangan melewati Florida Street untuk bekerja atau sebaliknya. Demikian juga para pebelanja atau para shopper sangat ramai disiang hari, sedangkan pada sore dan malam hari Florida Street menjadi ajang pentas ‘tango’/ tarian dan nyanyi khas Amerika Latin, penyanyi, patung hidup dan lawakan.

Untuk menjangkau Florida Street seperti ditulis diatas biasa juga dengan taxi atau berjalan kaki dari segala sudut kota. Juga mudah dijangkau dengan kereta bawah tanah atau di sini disebut Subte. Ada lima jalur kereta yang berdekatan dengan Florida Street.

Salah satu bis wisata Buenos Aires Bus yang melakukan perjalanan keliling kota juga punya halte pemberhentian di ujung Florida Street. Bus ini adalah bus bertingkat, khusus menjual tiket wisata yang merupakan perusahaan yang sama dengan Sightseeing Bus di Eropa dan Australia. Bus ini juga disebut Hop On Hop Off, dimana bus akan berhenti dan menaikkan penumpang pada tempat-tempat tertentu yang sudah dijadwalkan dalam daftar kunjungan wisata. Tentu saja radiusnya tidak melebihi durasi satu setengah atau dua jam. Harga tiket tour bus ini adalah $ 50. Lima puluh peso Argentina sekitar 200,000 rupiah.

Untuk mengunjungi tempat-tampat terdekat disekitar Florida Street hanya memerlukan waktu yang singkat. Seperti Plaza de Mayo yang merupakan alun-alun Buenos Aires. Plaza de Mayo dibangun untuk mengenang revolusi Argentina pada bulan Mei 1810 yang mana dimulainya proses kemerdekaan dari Spanyol.

Tentu saja jika kunjungan anda cukup waktu hiburan dan tarian khas daesah juga paket makan malam yang menawarkan tarian musik tango ‘Disebut tango dinner'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar